Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ini Dia 5 Manfaat Tayangan Live Sidang Jessica Di Televisi

Kronologibayu- Empat bulan sudah sidang Jessica bergulir sejak tulisan ini diterbitkan. Bak tayangan sinetron, sidang Jessica selalu menyuguhkan drama dan kejutan disetiap episodenya. Kejutan-kejutan tersebut telah menjadi daya  tarik tersendiri bagi pemirsa untuk selalu menonton tayangan live sidang Jessica.

gambar sidang jessica, gambar jessica kumala wongso, gambar otto Hasibuan, tayangan live sidang jessica kumala wongso,siaran langsung sidang jessica kumala wongsoSeperti telah kita ketahui bersama bahwa sidang tersebut adalah sidang dugaan Pembunuhan Berencana menggunakan racun SIANIDA yang dicampurkan ke dalam  Es Kopi Vietnam. Dalam kasus ini telah ditetapkan terdakwa tunggal yaitu Jessica Kumala Wongso.

Kejadian pembunuhan terjadi pada tanggal 6 Januari 2016 di Cafe Olivier, Grand Indonesia Jakarta. Dengan Korban meninggal adalah Mirna Salihin (27). Korban tak lain adalah teman dekat tersangka.

Tahukah anda para pembaca? Meskipun terdapat pro-kontra terhadap penayangan sidang Jessica secara live di televisi, namun sesungguhnya tayangan LIVE sidang Jessica memiliki manfaat.

Apa manfaat tersebut? ini dia 5 Manfaat Tayangan Live Sidang Jessica Di Televisi.

1.Memberi edukasi Hukum kepada masyarakat melalui tayangan sidang.

Tayangan sidang berjam-jam yang sarat akan muatan materi hukum, secara tidak langung telah memberi edukasi kepada para pemirsa.  Melalui pasal dan mekanisme hukum yang mengemuka dalam sidang telah membuka wawasan baru bagi masyarakat terhadap dunia hukum.  Hal semacam itu telah membuat masyarakat yang menyaksikan sidang jessica setidaknya sedikit melek terhadap dunia hukum.

2. Memberi gambaran secara langsung kepada masyarakat tentang tata cara persidangan di Kantor Pengadilan.

Melalui tayangan sidang Jessica secara live, secara tidak langsung telah menginformasikan kepada masyarakat bagaimana tata cara suatu persidangan digelar. Bagaimana bergulirnya mekanisme suatu sidang dari pembukaan hingga penutupan.

Masyarakat juga dapat melihat secara langsung bagaimana seorang Hakim ketua memimpin jalanya sidang, lalu bagaimana seorang Jaksa Penuntut Umum menyampaikan analisa berdasar bukti yang ada dan bagaimana seorang kuasa hukum memperjuangkan hak hukum terdakwa dengan pledoi-pledoinya.

3. Menambah khasanah tayangan pertelevisian tanah air.

Hadirnya tayangan sidang Jessica nampaknya memperkaya tayangan yang ada di televisi selama 4 bulan terakhir ini. Ditengah monotonnya tayangan pertelevisian tanah air saat ini, tayangan sidang Jessica seolah menjadi tayangan alternatif bagi pemirsa.

Serunya persidangan Jessica telah menghipnotis para pemirsa untuk tidak ketinggalan dalam setiap episodenya. Episode demi  episode selalu menyuguhkan kejutan-kejutan berupa trik dan intrik dari para tokoh yang terlibat di dalamnya.

Adu data dan fakta antara pihak kuasa hukum Jessica Kumala Wongso dengan JPU adalah inti acara yang selalu dinanti. Hadirnya para saksi ahli disetiap episode juga menambah warna tersendiri terhadap jalannya persidangan. 

Konflik yang tersaji dalam persidangan bak drama apik yang tak kalah dengan drama yang ada dalam tayangan sinetron tanah air. Tidak berlebihan jika siaran langsung sidang Jessica telah menambah khasanah tayangan pertelevisian sebagai tayangan alternatif bagi pemirsa.

4. Meningkatkan nilai Rating, Sharing & Pendapatan Televisi penayang.

Besarnya antusias masyarakat terhadap kasus Kopi bersianida membuat sidang Jessica selalu ditunggu-tunggu oleh masyarakat.  Tingginya Animo masyarakat terhadap bagaimana kelanjutan kasus tersebut dipicu oleh keunikan kasus yang terjadi dan terdapatnya Teka-Teki  Siapa sebenarnya pembunuh Mirna Salihin.  Bagaikan kepingan puzzle tingkat tinggi, kasus kopi bersianida ini semakin membuat masyarakat bertanya-tanya bagaimana akhir daripada kasus ini.

Rasa penasaran yang tinggi dari masyarakat tentang bagaimana akhir kasus tersebut telah menjadi peluang tersendiri bagi pemilik TV untuk menaikkan nilai rating Televisinya. Keputusan pihak Televisi nampaknya tepat untuk menyiarkan tayangan sidang Jesica Secara live.

Sebagaimana info yang saya lansir dari plus.kapanlagi.com menyebutkan bahwa dalam sidang ke-11 yang digelar 10 Agustus, share Kompas TV melejit menjadi 5,64% dan TvOne menjadi 5,68%.
 Bandingkan dengan Metro TV yang tidak menayangkan sidang dan hanya memperoleh nilai share 1,62%. Padahal jika tidak menayangkan sidang Jessica, share rata-rata harian Kompas TV hanya 2,06% dan TvOne mencatat 3,43% saja.

Televisi penayang juga memperoleh pendapatan yang fantastis. Dalam sidang tertanggal 3 Agustus saja, TvOne memperoleh hasil sebesar Rp 9,9 M padahal dua hari sebelumnya meraih Rp 3,8 M dan sehari setelah sidang jadi Rp 5,8 M. Atau dalam sidang 1 September, TvOne mencatat perolehan   Rp 3,7 M dan Kompas TV memperoleh Rp 1,8 M.
 

5.  Menjadi penghilang rasa haus dan lapar.

Panjangnya durasi sidang dan ditambah serunya jalannya persidangan seakan menghipnotis penikmat tayangan sidang kopi bersianida ini. Saking serunya seakan membuat orang lupa akan waktu.

Hal ini sangat cocok bagi anda anak kost akhir bulan yang ingin menghemat uang jajan. Ada baiknya anda mencoba menonton tayangan sidang tersebut. Anda harus benar-benar fokus agar lupa saat jam makan tiba. Jika anda benar-benar menikmati jalannya sidang setidaknya anda dapat menghemat uang makan siang hingga makan malam.

Jika hal ini anda lakukan dengan baik dan benar maka rasa haus dan lapar pada diri anda akan hilang tanpa anda sadari. Hebat bukan? Hehehe. Just kidding.

Demikian 5 manfaat tayangan live sidang Jessica di televisi. Saya berharap semoga tayangan live ini segera berakhir dan diakhiri dengan happy ending secara adil seadil-adilnya baik bagi korban maupun adil bagi terdakwa. Karena semua orang memiliki kedudukan (Hak & Kewajiban) yang sama di mata hukum.

 -sekian-

Post a Comment for "Ini Dia 5 Manfaat Tayangan Live Sidang Jessica Di Televisi"